Selasa, 08 Januari 2013

Review Aplikasi CRM Sales Force Automation

      Sales force automation adalah hal hal yang di gunakan untuk mendukung proses, penjualan atau hal hal yang lainnya yang tidak terpengaruh atau terkena kendala yang menghambat proses penjualan baik situasi dan kondisi apapun sehingga proses market tetap berjalan secara kontinyu tanpa terbatasi kondisi apapun.
- MODUL APLIKASI CRM-SFA -
Modul-modul standard yang terdapat dalam SFA adalah sebagai berikut:
- Lead Management
Modul Lead Management adalah modul untuk menampung dan mengelola informasi setiap leads atau prospek baru, baik yang didapatkan oleh perusahaan (misalnya melalui marketing campaign atau beli database) ataupun yang dicari sendiri oleh si salesperson.
- Potential Management/ Opportunity Management
Terdapat leads yang menunjukkan interest atau kebutuhan akan produk yang ditawarkan sehingga menciptakan sebuah potential atau opportunity dalam sales.
- Kebutuhan atau opportunity ini tentunya perlu dicatat ke dalam sistem, supaya dapat ter-record dengan baik, misalnya adalah produk apa yang dibutuhkan oleh prospek, berapa nilai produk tersebut, peluang closing berapa besar, kompetitor siapa saja yang terlibat, hingga jumlah cost yang dikeluarkan dalam mengelola opportunity tersebut.
- Account & Contact Management
Account adalah modul untuk mengisi informasi perusahaannya atau institusi, sedangkan Contact adalah untuk mengisi informasi individunya.
- Activity Management
Modul Activity Management merupakan modul untuk mengatur aktifitas sehari-hari sales force, misalnya adalah leads mana yang harus di-follow up, apakah ada presentasi atau tidak, quotation apa yang mesti dibuat, dan sebagainya. 
- Quotation Management
Dari setiap potential atau opportunity yang tercipta, biasanya akan dilanjutkan ke proses permintaan proposal atau penawaran. 
- OUTPUT APLIKASI CRM-SFA -
Dengan menggunakan aplikasi crm-sfa terdapat output yang berharga bagi pihak managemen sales person diantaranya :
 
- Sales Manager dapat mengetahui performance masing-masing salesperson
- Dapat diketahui channel apa yang paling banyak menghasilkan leads
- Dapat diketahui berapa banyak dari leads yang didapatkan yang memiliki needs
- Dapat diketahui perbandingan antara aktifitas dengan cost yang dikeluarkan
- Dapat diketahui salesperson mana yang efektif dan mana yang tidak
- Dapat diketahui Recency, Frecuency, dan Spending dari customer yang didapat
- Dan info-info lain (sesuai kebutuhan)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar